Bertekad Kurangi Pengangguran, TP PKK Kota Kupang Gelar Pelatikan Kewirausahaan

Bertekad Kurangi Pengangguran, TP PKK Kota Kupang Gelar Pelatikan Kewirausahaan


Bertekad Kurangi Pengangguran, TP PKK Kota Kupang Gelar Pelatikan Kewirausahaan

Posted: 25 Oct 2018 06:54 AM PDT

Bertekad Kurangi Pengangguran, TP PKK Kota Kupang Gelar Pelatikan Kewirausahaan
KUPANG, LELEMUKU.COM - Pengangguran di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Februari 2018 sebanyak 76,3 ribu orang dan tingkat pengganguran tertinggi di NTT adalah Kota Kupang dengan 7 persen sesuai data dari BPS Tahun 2018.

Hal ini di sebabkan karena persyaratan untuk mendapatkan pekerjaan sangat sulit disamping itu jumlah lapangan kerja juga terbatas.

Pilihan menjadi wirausaha merupakan salah satu alternatif yang paling menjanjikan untuk kehidupan yang akan datang.

Berkenan dengan hal tersebut Tim Penggerak PKK Kota Kupang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Kupang menggelar Pelatihan Kewirausahaan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi masyarakat untuk dapat berwirausaha demi meningkatkan kesejahteraan keluarga dengan melibatkan sebanyak 120 peserta yang berasal dari 51 Kelurahan se - Kota Kupang yang terdiri dari anggota PKK Kelurahan dan Pemuda Putus Sekolah.

Pembukaan Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Kupang, Kamis (11/10).

Hadir pada pembukaan kegiatan tersebut Asisten Pemerintahan Setda Kota Kupang Drs. Yoseph Rera Beka, Ketua TP. PKK Kota Kupang Hilda Riwu Kore - Manafe, Narasumber dari Akademisi dan Praktisi kalangan wirausahawan, serta para peserta pelatihan.

Asisten Pemerintahan Sekda Kota Kupang mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan akan mampu merangsang, mendorong dang mengasah keterampilan Sumber Daya Manusia sekaligus meningkatkan kemampuan teknis untuk mengembangkan usaha serta dapat mengurangi tingkat pengangguran.

Ketua Panitia Petty Ly, SSTP, MPA dalam laporannya mengatakan tujuan dari di gelarnya kegiatan ini yakni mengembangkan minat dan motivasi masyarakat untuk terjun ke dunia usaha, mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengembangan tata kelola usaha, produksi, pemasaran serta jejaring kemitraan bisnis serta mengembangkan kemampuan wirausaha muda dalam upaya pengembangan kewirausahaan.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 11 - 13 Oktober 2018 di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Kupang. (HumasKotaKupang)

Pantau Program CCDP IFAD di NTT, Gilbert Houngbo Kunjungi Kupang

Posted: 24 Oct 2018 01:28 PM PDT

Pantau Program CCDP IFAD di NTT, Gilbert Houngbo Kunjungi Kupang
KUPANG, LELEMUKU.COM - Presiden The International Fund For Agricultural Development (IFAD) Gilbert Houngbo tiba di Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Rabu (10/10) setelah menempuh perjalanan dari Roma, Italia.

Ia berserta delegasi Stefania Lenocci sebagai President' Senior Adviser, Katie Taft sebagai Communication Office to Senior Management, Ron Hartman sebagai Country Director for South East Asia and Pacific Region, Anissa Pratiwi sebagai Country Programme Officer dan Gustaf Daud Sirait sebagai Representatif Indonesia-Roma.

Datang juga tim dari Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Jakarta. Mereka dijemput oleh Walikota Kupang DR. Jefirstson R. Riwu Kore. MM, MH, Wakil Walikota Kupang dr. Hermanus Man, didampingi Pj Sekda Kota Kupang, Asisten Sekda Kota Kupang serta beberapa Kepala Dinas di Wilayah Kota Kupang.

Setelah meninggalkan Bandara Eltari, Kupang, rombongan menuju ke Taman Wisata Hutan Mangrove, Kel. Oesapa Barat. Taman wisata Mangrove adalah lokasi Proyek Coastal Community Development Project (CCDP) IFAD, disambut oleh ratusan masyarakat.

Dalam sambutannya, Walikota Kupang DR. Jefirstson R. Riwu Kore. MM, MH menyambut rombongan dengan memberikan apresiasi kedatangan mereka.

"Welcome to Kupang. Kota Kecil di timur dari Indonesia, berbatasan dengan Timor Leste dan Australia. Kota Kupang berpenduduk sekitar 500.000 dengan sekitar 25% dari peduduk bekerja sebagai nelayan. Saya sangat berterima kasih untuk program dari IFAD yang telah menolong masyarakat di Kota Kupang. Seperti yang kita ketahui pendapatan penduduk ikut naik oleh karena bantuan dari IFAD. Karena itu saya berterima kasih dan berharap agar ke depan bantuan dari IFAD terus berlanjut," ujar dia.

Presiden IFAD Houngbo memberikan ekspresi atas penyambutan yang hangat. Ia menyatakan ingin belajar terkait kesuksesan masyarakat selama program CCDP berjalan.

"Saua mendengar CCDP setelah mengikuti pertemuan di Stockholm, Swedia membahas bagaimana menaikkan produksi sekaligus menjaga kelestarian lingkungan dan CCDP adalah salah satu yang dipresentasikan. Banyak sekali ilmu positif yang beliau dengar dalam acara internasional. Karena itu sangat penting kedatangan kami untuk mengetahui bagaimana progres ataupun masalah yang ada di masyarakat. Ini bukan cerita sukses dari IFAD, melainkan cerita sukses dari masyarakat. Sekalian menekankan dukungan Pemerintah Republik Indoneia agar cerita sukses tidak berhenti disini tapi akan meningkat di masa depan," ujar dia.

Kamis (11/10) rombongan berkunjung di kantong nelayan di Kelurahan Nun Baun Delha (NBD) Kecamatan Alak Kota Kupang guna melihat langsung beberapa produksi yang sudah dikerjakan oleh kelompok kerja CCDP.

Presiden IFAD sangat senang berada di NBD dan berinteraksi langsung dengan bapak ibu tentang pengalaman di masyarakat.

Ia juga berterima kasih kepada Walikota Kupang yang mendukung sejak kedatangan kemarin, juga kepada Bapak Gubernur NTT yang telah mendukung kegiatan kami di Kota Kupang.

Setelah itu rombongan melihat pabrik es yang ada di Kelurahan Kelapa Lima , Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang. Pabrik es ini mendukung nelayan dalam menjajakan ikan hasil tangkapan. Selanjutnya Tim IFAD dan Kemen Kelautan dan Perikanan meninggalkan Kota Kupang melalui Bandara Eltari Kota Kupang. (HumasKotaKupang)

Hermanus Man Buka Seleksi Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Kota Kupang

Posted: 24 Oct 2018 12:22 PM PDT

Hermanus Man Buka Seleksi Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Kota Kupang
KUPANG, LELEMUKU.COM - Merespon tuntutan Pegawai Negeri Sipil sebagai abdi negara dan abdi masyarakat dari waktu ke waktu dituntut untuk menunjukan kinerja dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas agar mampu mencapai tujuan organisasi.

Dalam rangka mendukung kinerja organisasi pemerintah, maka Pegawai Negeri Sipil dan pengambil keputusan harus mengetahui kompetensi yang dimiliki oleh masing - masing orang yang di tugaskan dalam jabatan tertentu.

Pemerintah Kota Kupang melalui BKPPD Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar kegiatan Seleksi Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kota Kupang Tahun 2018 yang secara resmi di buka oleh Wakil Wali Kota Kupang dr. Hermanus Man di Hotel Naka, Senin (15/10).

Wakil Wali Kota Kupang mengatakan seleksi jabatan ini dapat menghasil birokrat yang memiliki kapasitas/kompetensi di bidang tugas, berintegritas, bersih dan bebas KKN sesuai dengan perundang - undangan yang berlaku sehingga dapat menempatkan personil sesuai keahlian pada bidangnya agar pelaksanaan tugas pokok dan fungsi oraganisasi dapat berjalan dengan baik yang memberi dampak positif bagi pembangunan Kota Kupang ini.

Ketua Tim Sekretariat Abraham David Evil Manafe, S.IP. M.Si mengatakan seleksi ini untuk memetakan profil kompetensi jabatan pimpinan tinggi pratama lingkup Pemerintah Kota Kupang serta untuk kepentingan mutasi sesuai standar kompetensi jabatan.

Sebanyak 28 orang peserta ikut serta dalam seleksi ini yang adalah Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama atau Eselon II di Lingkungan Pemerintah Kota Kupang.

Dengan panitia seleksi sebanyak 5 orang yaitu 2 dari kalangan internal pemerintah dan 3 orang dari eksternal pemerintah. Panitia seleksi ini dibantu oleh tim Penilai Kompetensi (Assesor) yang berkompeten sebanyak 6 orang dari Propinsi Nusa Tenggara Timur. Secara administrasi Panitia Seleksi dibantu olwh Tim Sekretariat sebantak 20 orang.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 (enam) hari dari tanggal 15 - 20 Oktober 2018. (HumasKotaKupang)

Jefirstson Riwu Kore Lantik Pengurus Pedagang Kuliner Pasar Warna Oesapa

Posted: 24 Oct 2018 12:15 PM PDT

Jefirstson Riwu Kore Lantik Pengurus Pedagang Kuliner Pasar Warna Oesapa
KUPANG, LELEMUKU.COM - Walikota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH melantik Badan Pengurus Paguyuban Pedagang Kuliner Pasar Warna Oesapa Periode 2018 - 2021, bertempat di Pantai Warna Oesapa, Kelurahan Oesapa Kota Kupang, Jumat (12/10).

Hadir mendampingi Wali Kota Kupang yaitu Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Kupang, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Kupang serta Lurah Oesapa Kota Kupang.

Wali Kota Kupang menyampaikan bahwa menjadi seorang pimpinan memiliki tanggung jawab yang sangat besar

"Pengurusan ini diberikan tanggung jawab yang sangat besar untuk menjaga kekompakan di pantai ini. Sebab kalau kita tidak kompak, percuma saja dengan semua ini. Pantai yang harusnya sudah bagus ini, akan menjadi sia-sia. Oleh Karena itu perlu kerendahan hati, saling menghargai, saling menolong dan yang paling penting adalah keterbukaan" kata dia.

Selanjutnya, Walikota berpesan bahwa sesuai dengan arahan Gubernur, warga harus menata kota Kupang menjadi lebih bersih.

"Jangan membuang sampah sembarangan, karena jika hal itu terjadi pantai ini menjadi kotor dan tidak akan ada pengunjung yang datang. Bagaimana kita menata lokasi ini supaya orang akan datang setiap hari. Pimpinan baru, pengurus baru, harus punya kreativitas, harus punya pemikiran bagaimana dia berjuang untuk menata pantai ini supaya lebih bersih dan bagus mulai dari taman hingga lampu hias agar jalan menjadi lebih terang," ungkap dia.

Ia juga menghimbau agar masyarakat tetap menjaga kebersihan pantai warna ini.

"Kita diberikan tanggung jawab untuk memajukan Pantai Warna ini dan saya berharap akan menjadi ikon wisata terbaik yang ada di Kota Kupang," harap dia.

Ia tetap memberikan harapan pada pengurus pantai ini agar tetap membuat suasana di Pantai Warna Oesapa ini menjadi lebih indah dan menjadikan ekonomi di Oesapa lebih maju bagi para pedagang kuliner.

Ketua Panitia Pemilihan mengatakan bahwa dalam rangka pengembangan ikon Pantai Warna Oesapa, maka dilaksanakan Pemilihan Badan Pengurus Peguyuban Pedagang Kuliner Pantai Warna Oesapa periode 2018 - 2021 berjumlah 22 orang pengurus. (HumasKotaKupang)
Bertekad Kurangi Pengangguran, TP PKK Kota Kupang Gelar Pelatikan Kewirausahaan Bertekad Kurangi Pengangguran, TP PKK Kota Kupang Gelar Pelatikan Kewirausahaan Reviewed by Redaksi Lelemuku on 12:09 AM Rating: 5

Info Terbaru

Loading...
Powered by Blogger.